Indocomtech 2018 Pamerkan Simulator Gamelan Buatan Anak SD - Berita Internetku

Breaking

Friday, 2 November 2018

Indocomtech 2018 Pamerkan Simulator Gamelan Buatan Anak SD





Pameran teknologi terbesar dan tertua Indocomtech kembali digelar dan beralngsung pada 31 Oktober-4 November 2018 di JCC Senayan.

Ada salah satu stand yang menarik perhatian, yakni stand SD Negeri Regol 10 Garut. Mereka memamerkan Saron Simulator, yang merupakan simulasi alat musik Saron (Gamelan Sunda).

Simulator ini menghubungkan komputer dengan sebuah kabel yang juga terhubung dengan tembaga-tembaga mirip not. Saat mengaplikasikannya, pemain harus memegang kabel disebelah kiri dan menekan tembaga, kemudian suara musik akan keluar dari laptop.

Kepala Sekolah SD Negeri Regol 10 Garut, Ema Nur Jamilah menuturkan awal mula pembuatan simulator tersebut.

"Berawal di sekolah kami itu ada pelajaran TIK dan ekstrakulikuler. Kemudian setiap tahunnya ada perpisahan kelas 6, kami mengadakan adat Sunda menggunakan gamelan. Nah, sekolah kami tidak memiliki gamelan, karena bahan-nya dari perunggu hingga puluhan juta. Jadi waktu kami mau berlatih harus sewa sanggar," tutur dia.

Lebih lanjut, Ema mengatakan jika anak-anak muridnya yang juga dibimbing oleg Guru TIK SD Negeri 10 Regol, Dewis Akbar membuat alat dengan kolaborasi IT dan seni tersebut.

"Ada enam orang anak di kelas 6 SD, mereka punya ide berkelompok," katanya.

Dia menambahkan, "Jadi awalnya ini direkam dari suara gamelan asli, direkam dengan mereka pakai hape. Kemudian suaranya potong-potong disini (menunjuk alat simulator), kemudian ditaruh di aplikasi. Nah kemudian dibuatlah aplikasinya menyerupai bentuk Sharon aslinya."

Menariknya tidak hanya Sharon, jejeran gamelan sunda lainnya seperti Bonag, Peking, Gong, dan Kempul pun terdapat simulatornya. Untuk informasi, alat ini dibuat pada 2014 dan saat ini masih digunakan untuk pembelajarn dan pementasan seni SDN Regol 10 Garut.

No comments:

Post a Comment