Apa itu Bitcoin : Pengertian Bitcoin Yang Harus Anda Ketahui - Berita Internetku

Breaking

Wednesday, 27 December 2017

Apa itu Bitcoin : Pengertian Bitcoin Yang Harus Anda Ketahui

Tak bisa dipungkiri lagi , perkembangan zaman yang semakin pesat dan teknologi yang semakin maju membuat dunia ini semakin modern. Bahkan dalam segi transaksi sudah banyak perubahan seperti munculnya mata uang virtual baru dan sekarang menjadi mata uang virtual populer yaitu BitCoin. Mungkin diantara kalian sudah mengetahui bitcoin namun masih belum begitu jelas, ada juga yang belum. Dari aktikel ini saya akan mengulas apa sebenarnya Bitcoin itu.



Apa itu Bitcoin

Bitcoin merupakan mata uang virtual yang menggunakan jaringan peer to peer tanpa penyimpanan terpusat atau middleman atau bank. Jadi Bitcoin ini tidak berbentuk print printan kertas, namun hanya uang digital yang hanya bisa dilihat di internet. Di Bitcoin tidak dikenakan biaya tambahan dalam transaksi dan tidak perlu memberikan nama asli kamu. Anda bisa menyewa hosting, membeli domain, beli pizza, beli burger dengan menggunakan mata uang virtual ini.


Kenapa pilih Bitcoin

Karena Bitcoin bisa digunakan untuk melakukan pembelian atau transaksi secara anonimous atau tanpa nama asli. Selain itu, Bitcoin jumlahnya sangat terbatas bahkan sampai saat ini cuman ada 21 juta keping yang telah di produksi di seluruh dunia (data menurut bitcoinblockhalf.com). Hal ini membuat transaksi internasional menggunakan bitcoin menjadi lebih murah dan mudah. Ada beberapa orang yang berinventasi, membeli bitcoin dengan harapan seiring berjalannya waktu harga bitcoin semakin naik. Namun coin ini dapat dibagi menjadi bagian yang lebih kecil (jumlah bagian terkecilnya yaitu seperjuta bitcoin atau 0,00000001BTC inilah yang disebut Satoshi )

Transfer

Semua orang dapat mengirimkan bitcoin satu sama lain menggunakan aplikasi di mobile ataupun di PC dengan koneksi internet. Peer to Peer sendiri artinya bitcoin tidak memiliki server pusat, jadi pengiriman bitcoin sangat instant sekali dan bisa dikirim kemana , dimana dan kapanpun yang Anda mau. Transkasi menggunakan bitcoin bersifat irreversible artinya jika bitcoin sudah ditransfer ke orang lain, maka transaksi tidak bisa dibatalkan kecuali jika penerima bersedia mengirimkan bitcoinnya kembali. Dengan gratisnya biaya transfer bitcoin menjadikan bitcoin banyak diminati oleh para investor ataupun pedagang online lainnya.

Anda mungkin bingung jika tidak ada bank yang mengelola Bitcoin seperti halnya Paypal, lalu data keuangan BTC atau Bitcoin disimpan dimana ? Nah Untuk penyimpanannya berada di Komputer Anda sendiri di dalam wallet dan jaringan Peer to Peer di seluruh dunia. Jika komputer Anda rusak atau terkena virus yang merusak wallet bitcoin sama saja Bitcoin yang telah anda kumpulkan atau beli hilang. Jadi usahakan untuk memBack Up Wallet Bitcoin ke beberapa device lainnya untuk menghindari resiko hilang permanennya bitcoin Anda. 

Keamanan Bitcoin

Setiap data transaksi Bitcoin tersimpan di semua peer di seluruh jaringan, dan harus berurutan. Transaksi dinyatakan sah atau valid jika sudah diverifikasi oleh beberapa peer. Data transaksi yang lama ataupun yang baru akan terus tersimpan di peer, memungkinkan untuk memproteksi jika ada seorang hacker dapat membobol sistem bitcoin dan menggandakan atau menerbitkan sendiri beberapa Bitcoin untuk dirinya sendiri.



Jadi bisa disimpulkan bahwa Sistem Bitcoin itu aman , dan terbukti banyak review oleh berbagai pengakses internet bahwa sistem Bitcoin itu tidak cacat. Yang tidak aman adalah pengguna Bitcoin itu sendiri, jika tidak berhati hati maka bisa saja hacker menyisipkan sebuah virus yang bisa membobol akses komputer anda dan mencuri beberapa bitcoin yang Anda punya.

Bagaimana cara mendapatkan Bitcoin

Bitcoin bisa didapat dengan cara membeli dan menambang (mining). Anda bisa membeli Bitcoin yang terpecaya misalnya di Bitcoin.co.id (Indonesia) , Coinbase (USA), Bitbargain (UK). Atau anda tidak ingin mengeluarkan sepeser uang untuk mendapatkan Bitcoin, Anda bisa menambangnya. Layaknya emas yang membutuhkan waktu lama untuk menambangnya , Bitcoin juga membutuhkan waktu yang cukup lama dengan menambang untuk mendapatkan 1 BTC nya. Umumnya di situs situs penyedia menambang bitcoin mendapatkan 40 Satoshi per 5 menitnya. Jadi siapkan kalkulator dan hitung berapa penghasilan bitcoin dari cara menambang :v.

Oke jadi itulah pengertian dari Bitcoin , semoga bisa bermanfaat untuk Anda semuanya dan Terima Kasih sudah membaca dengan lengkap.

No comments:

Post a Comment