3 Situs Terbaik untuk Cek Kecepatan Akses Website 2018 - Berita Internetku

Breaking

Wednesday, 27 December 2017

3 Situs Terbaik untuk Cek Kecepatan Akses Website 2018

Dalam urusan mengelola situs web Anda, Kecepatan adalah Segalanya. Loading website yang cepat dapat bermanfaat untuk mendapatkan rangking SEO yang lebih tinggi, meningkatkan traffic website, durasi kunjungan visitor yang lebih lama di situs Anda, dan mendapatkan kesan yang bagus bagi website Anda. Selain itu, Google menyarankan agar web developer mengadopsi website yang responsif untuk seluler untuk memenuhi banyaknya orang yang menggunakan perangkat seluler untuk menjelajahi situs web untuk memperoleh informasi. Karena lebih mudah dibawa dan efisien untuk dipakai. Itulah sebab pentingnya untuk memanfaatkan banyak alat uji kecepatan situs gratis yang tersedia di luar sana baik versi desktop maupun seluler untuk cek kecepatan website sehingga Anda bisa mendapatkan kinerja yang optimal.  Berikut adalah situs untuk cek kecepatan website dan cara cek kecepatan website :




1. Google PageSpeed Insights

Masuk dulu ke situsnya https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights/. Tool untuk test kecepatan website yang satu ini milik perusahaan IT yang terkenal yaitu Google. Tentunya product Google memiliki ciri khas yang simpel , UI yang nyaman dipandang , dan ringan untuk dipakai. Google PageSpeed Insights akan memberikan nilai pada situs web Anda dalam skala 1-100. Semakin tinggi nilainya maka juga akan semakin optimal performa website Anda.  Jika nilainya diatas 85 maka website Anda sudah mencapai kata "Performing Well" atau berkinerja dengan baik. PageSpeed Insights ini tidak hanya memberi laporan kecepatan website Anda versi dektop tetapi juga versi Seluler. Setiap laporan akan berisi tentang status performa website Anda dan Saran saran dari PageSpeed Insights untuk meningkatkan performa website Anda seperti memperkecil CSS dan Mengompress Gambar seminim mungkin.

2. Pingdom
Alat untuk mengetes kecepatan yang satu ini sangat populer dipakai di kalangan orang barat. Di tahun 2017 ini Pingdom hanya memiliki 3 lokasi untuk tes kecepatan website.

         *  Melbourne, Australia
         *  San Jose, California, USA
         *  Stockholm , Sweden



Kalau mimin sendiri menggunakan server Stockholm , Sweden. Tapi semua terserah kalian, mau mencoba semuanya juga bebas. Laporan dari situs Pingdom ini sangat detail. Anda bisa mengetahui langsung rata rata berapa lama loading situs Anda  dan bisa mengetahui ukuran situs website. Tidak hanya memberikan laporan umum saja namun mencakup detail dari situs web Anda tersebut, seperti ukuran konten website menurut tipe konten, ukuran konten website menurut domain, File Request report. Dengan data yang lengkap tersebut memungkinkan Anda untuk mengidentifikasi bagaimana dengan halaman web yang cepat, lambat, terlalu besar, praktik terbaik apa yang tidak Anda ikuti, dan seterusnya.


3. GTmetrix
Tool yang satu ini juga tidak kalah populer, bahkan tool ini digunakan 220 Juta lebih di seluruh dunia hingga sekarang. GTmetrix memberi Anda laporan tentang seberapa baik konten situs Anda dan memberikan rekomendasi yang dapat ditindaklanjuti tentang cara mengoptimalkannya. GTmetrix akan mengukur kecepatan website Anda dan menampilkan hasil akhirnya dalam tingkatan angka, A - F. Jika mendapat nilai A berarti website Anda sangat baik dan cepat dan seterusnya sama halnya kalau mendapat nilai pelajaran A berarti pekerjaan Anda sempurna.


Di daftar tersebut terlihat ada data Request. Jika nilai Request kecil maka performa websitenya semakin bagus dan cepat untuk diload.



Itulah daftar situs terbaik untuk mengecek kecepatan situs web menurut mimin. Mimin menggunakan ketiganya sekaligus untuk mengidentifikasi dengan detail kekurangan situs web saya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda semuanya

No comments:

Post a Comment