Ini 5 Pelopor Hacker Yang Ada Saat Teknologi Komputer Baru Lahir - Berita Internetku

Breaking

Wednesday, 10 October 2018

Ini 5 Pelopor Hacker Yang Ada Saat Teknologi Komputer Baru Lahir



Berkembangnya dunia digital tentu diiringi dengan hadirnya para hacker. Hacker selalu berusaha untuk mengambil data pribadimu melalui dunia maya atau yang sering juga dikenal sebagai pencurian data.


Pencurian data ini bisa saja berujung pada penyalahgunaan dengan berbagai tujuan, salah satunya penjualan dan penipuan.
Siap-siap tidak bisa hidup tenang jika kamu mulai diganggu oleh para hacker.
Hacker mampu menyerang melalui berbagai tempat, salah satunya jaringan WiFi umum seperti di bandara, stasiun, atau bahkan beberapa gerai makanan.

Yang terbaru, pada gelaran Piala Dunia 2018 di Rusia lalu. Setidaknya, sebanyak 7.176 dari sekitar 32.000 jaringan WiFi publik di kota Rusia terancam terkena serangan hacker.
Perangkat yang dibutuhkan hacker untuk menjalankan aksinya mencakup smartphone, komputer, laptop, dan jaringan internet yang stabil.

Jika kamu berpikir bahwa para hacker baru ada setelah komputer ditemukan, maka kamu salah. Jauh sebelum komputer ditemukan, beberapa hacker bahkan sudah menjalankan aksinya. Mau berkenalan dengan 5 di antaranya, berikut simak ulasan tim HiTekno untuk kamu.

1. Rene Carmile

Posisi pertama ditempati oleh Rene Carmile. Ia ditugaskan untuk menggunakan mesin IBM untuk melacak dan melakukan sensus keberadaan orang-orang Yahudi.
Yang Rene lakukan malah menyabotase mesin-mesin tersebut dan melakukan program ulang sehingga kolom agama setiap warga negara menjadi hilang.
Aksi nekatnya ini akhirnya tercium oleh pemerintah pada 1944 yang kemudian membuatnya ditangkap dan dikirim ke kamp konsentrasi Dachau yang terkenal brutal. Ia lalu tewas pada tahun 1945.
Banyak yang percaya jika aksi hacking yang dilakukan Rene Carmile merupakan aksi peretasan paling heroik sepanjang sejarah.


2. David Condon

Pada 1960 hingga 1970, banyak orang mencoba meretas jaringan telepon hingga pada tahun 1955, David Condon berhasil meretas telepon untuk membuat panggilan secara gratis.
Tidak terlalu menggunakan perhitungan yang kompleks, aksi peretasan yang dilakukan David Condon termasuk sangat sederhana.
David Condon dan Davy Crockett Cat melakukan Canary Bird Call Flute dalam panggilan teleponnya. Suara siulan ini lalu diidentifikasikan oleh sistem sebagai pesan rahasia.
Sistem lalu menghubungkannya dengan operator jarak jauh yang secara otomatis membuat David Condon dapat melakukan dengan nomor telepon manapun yang ia mau secara gratis.

3. Allan Scherr
Allan Scherr adalah orang pertama yang berhasil membobol komputer yang dilindungi dengan kata sandi. Komputer tersebut adalah milik Massachusetts Institute of Technology (MIT) pada tahun 1962. Hal ini dilakukan untuk membatasi waktu penggunaan para siswa.
Namun, salah satu siswa bernama Allan Scherr yang bosan dengan batas waktu, mencoba membuat kartu punch yang mampu menipu komputer agar bisa mencetak semua kata sandi dan menggunakannya untuk masuk sebagai orang lain saat waktu habis.
Kata sandi ini lalu dibagikan dengan teman-temannya yang lain. Beberapa bahkan mencoba meretas akun guru dan meninggalkan berbagai pesan.


4. Ray Tomlinson
Ray Tomlinson menjadi orang pertama yang berhasil mengirim virus melalui e-mail yang diklaim sebagai worm komputer pertama yang pernah ada.
Program ini akan membuat salinan dirinya sendiri dan menyebarkannya ke seluruh ARPANET. Setiap salinan memuat pesan kecil yang muncul berbunyi "I'm the creeper: Catch me if you can".

Virus ini mampu membuat seluruh data terhapus secara otomatis dan komputer menjadi eror dan mampu mencuri data pribadi seseorang.

5. Steve Wozniak
Sebelum bergabung dengan Apple, Steve Wozniak pernah meretas telepon setelah terinspirasi dari Joybubbles.Wozniak lalu membangun perangkat blue box yang dirancang untuk memudahkan meretas sistem telepon.
Sukses besar, Steve Wozniak lalu memberi tahu Steve Jobs yang membuat keduanya setuju untuk memproduksi massal blue box ini.
Steve Wozniak akan bertanggung jawab dengan teknologi ini dan Steve Jobs yang bertanggung jawab dengan penjualannya.

Itu tadi deretan pelopor hacker yang ada saat teknologi komputer baru lahir. Mana yang paling canggih menurutmu?

No comments:

Post a Comment